Kamis, 27 Desember 2012

Kuliah Umum Sosialisasi Program Wirausaha Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh Tahun 2012

Tema : “ Kita tumbuhkan jiwa kompetensi kewirausahaan bagi mahasiswa”


Pemateri : Drs. H. Marhaban Ibrahim, M. Si ( Deputi BNPP (Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan))
Wirausaha adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi. Oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar. Seperti yang diungkapkan Bapak Marhaban Ibrahim ,Wirausaha itu, orang yang bekerja diluar kebiasan.

Setiap usaha yang dilalui oleh seorang wirausaha itu tidak mudah, pasti ada pasang surutnya. Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses, ada beberapa kiat-kiat sukses dalam berbisnis yaitu :
-    Seorang pebisnis itu harus jujur
-    Harus fokus pada satu tujuan
-    Jangan takut gagal
-    Rajin bergaul dengan orang-orang sukses


Berwirausaha bisa kita mulai sejak dini, tidak harus menunggu sampai selesai kuliah. Karena diluar sana banyak pebisnis-pebisnis sukses malah tidak memiliki pendidikan formal. Sambilan kuliah mahasiswa bisa membuka atau menjalankan usaha-usaha, seperti membuka kios pulsa, toko baju, dll. Bagi mahasiswa Teknik sendiri untuk wirausaha sambil kuliah cukup punya peluang, misalnya membuka studio gambar, menjual alat-alat dan keperluan menggambar, maket, dll. Bukan tak mungkin membuka konsultant juga bisa.

# Bapak Marhaban Ibrahim :
Jika hidup ini pahit, janganlah kau mengeluh, tapi jadikanlah kepahitan itu menjadi jus yang manis rasanya. Pelajarannya yang bisa kita ambil, jangan pantang putus asa, tetaplah semangat untuk terus berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar