Sabtu, 05 Januari 2013

BERZIARAH KEMAKAM LAKSAMANA MALAHAYATI

Diatas bukit didaerah Krueng Raya tersebut terlihat sebuah Makam yang telah dipugar dengan rapi. Struktur bangunan disekeliling yang menutupi makam tersebut dalam keadaan cukup baik. Disitu terdapat Makam Laksamana Militer Perempuan pertama dan terhebat yang pernah dimiliki kesultanan Aceh maupun dunia yaitu Laksamana Malahayati.

Pada masa kepimpinan militernya, angkatan Laut Kesultanan Aceh sangat disegani oleh musuh. Tercatat angkatan laut Portugis dan Belanda menyerah ditangan angkatan Laut Kesultanan Aceh.

Minggu 30 Desember 2012, saya bersama keluarga besar Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh (LPM Unmuha) berkunjung kemakam tersebut. Makam ini terletak didaerah Krueng Raya, Aceh Besar. Dari kota Banda Aceh dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Untuk menempuh tempat tersebut dapat dilalui dengan kendaraan pribadi atau dengan angkutan umum atau labi-labi.
Arah masuknya tepat berada didepan Pelabuhan Malahayati Krueng Raya,jika dari Banda Aceh terletak disebelah kanan. Masuk sekitar kurang lebih 1 KM, melewati perumahan penduduk.

Untuk mencapai makam, kita harus menaiki puluhan anak tangga. Suasana diatas makam cukup adem, ini karena terletak diatas Bukit yang ditutupi pepohonan disekitarnya.

Makam ini cukup bersih dan terawat. Terdapat 3 batu nisan dimakam tersebut yang ditutupi kain putih. Keseluruhan dari makam ditutupi keramik.

Namun untuk mencari tahu kedua makam lainnya yang ikut tergabung disamping Makam Malahayati kami tidak tahu bertanya pada siapa. Kami mencoba bertanya pada pengunjung lainnya yang juga berziarah ditempat tersebut juga sama bingungnya. Tidak ada pemandu yang dapat menceritakan sejarah Laksamana Malahayati serta kedua makam lainnya yang ada dilokasi tersebut . Mungkin sebuah tugu yang ada disamping makam tersebut yang sedikit bisa memberi penjelasan kepada para pengunjung.[Zulhadi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar