Sabtu, 05 Januari 2013

DEBUT GEMILANG DEMBA BA, ANTARKAN CHELSEA TAKLUKAN SOUTHAMPTON

Demba Ba melakoni debut istimewa untuk Chelsea dengan mencetak 2 gol dalam kemenangan 5-1 atas Southampton dalam putaran ketiga Piala FA di St Mary's, Sabtu (5/1).

Setelah secara mengejutkan ditekuk QPR di Premier League, manajer Rafael Benitez menurunkan kekuatan penuh demi mengunci tiket lolos di kandang The Saints. Ia bahkan mempercayakan lini depan langsung dikawal Ba ketimbang Fernando Torres.

Namun tim tamu berusaha memanfaatkan keunggulan bermain di kandang demi menjaga rekor apik mereka yang tak pernah kalah dari The Blues di Piala FA. The Saints menekan sejak awal dan membuat pertahanan Chelsea beberapa kali kerepotan.

Tekanan Soton akhirnya berbuah gol di menit 22. Lewat sebuah serangan balik, Jay Rodriguez mampu lepas dari kawalan Gary Cahill dan melepas tendangan diagonal yang bersarang di sudut jauh gawang Ross Turnbull.


Gol tersebut seolah membangunkan Chelsea yang kemudian tampil lebih trengginas. Hasilnya di menit 35 mereka berhasil menyamakan kedudukan. Umpan Eden Hazard pada Juan Mata diteruskan dengan tendangan lob ke arah gawang, dan bola diteruskan dengan mudah oleh Ba ke gawang untuk membuka pundi golnya bersama Chelsea.

Usai menyamakan kedudukan, Chelsea kian garang dan mereka menjauh beberapa detik jelang turun minum lewat gol Victor Moses menuntaskan umpan tarik Ashley Cole.

Di babak kedua, Chelsea masih meneruskan dominasi mereka. Dan hanya butuh tujuh menit untuk tim tamu memantapkan kedudukan setelah sundulan Branislav Ivanovic menyambut umpan silang Juan Mata, tak bisa dihalau Artur Boruc.

Ba mencetak gol kedua di menit 61 setelah tendangannya dari dalam kotak penalti, menerima umpan terobosan Hazard mengirim bola bersarang ke gawang Boruc.

Unggul 4-1 Chelsea kian nyaman bermain. Dan mereka menegaskan keunggulan di menit 83 lewat penalti pemain pengganti Frank Lampard. Hadiah penalti diberikan wasit setelah bola tendangan Lampard dianggap mengenai tangan gelandang Soton, Steven Davis.

Setelah gol Lampard tersebut, tuan rumah sempat sesekali melakukan serangan berbahaya namun usaha Soton sekedar mencari gol penipis ketinggalan gagal. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 5-1 untuk kemenangan Chelsea tak berubah dan membawa The Blues melaju ke babak berikutnya.[Zulhadi/Bola.net]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar